Rabu, 10 April 2019

Ini Rahasia Keberhasilan Penyebar Islam di Indonesia

PEKALONGAN – Rais Aam JATMAN (Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah) menyampaikan rahasia keberhasilan para dai yang menyebarkan Islam di Indonesia dengan damai dan bisa diterima tanpa ada pertumpahan darah di Hotel Santika Pekalongan (9/4).
Mendapat kesempatan berbicara setelah Syaikh Muhammad Al Yaqut dan Syaikh Dr. Muhammad Abdul Hakim. Habib Luthfi kemudian menceritakan keberhasilan para dai yang merupakan dzurriyah Rasul menyebarkan Islam di berbagai daerah di Indonesia dengan damai. Padahal waktu itu, tutur beliau. Kekuatan agama di Indonesia yakni Hindu Budha begitu kuat dengan adanya Kerajaan Sriwijaya di Palembang, Pajajaran di Jawa Barat dan Majapahit di Jawa Timur. Bahkan penguasaan Majapahit dari Srilangka hingga ke China.
“Mengapa para dai bisa sukses masuk ke Indonesia dan bisa hidup berdampingan dengan para raja?” tanya beliau di hadapan ratusan peserta World Sufi Forum yang hadir pada sidang Komisi sore itu.
Rahasianya, lanjut beliau, ini adalah peran ulama sufi yang sangat besar. Para beliau masuk min ahli tijarah atau tidak terlepas dari melalui perdagangan pertanian, dan pengobatan atau kedokteran. Para ulama masuk ke setiap aspek dan mengambil peran dalam wilayah yang dibutuhkan masyarakat. (eep)

Jatman adalah singkatan dari Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh Al Mu'tabarah An Nahdliyyah merupakan organisasi keagamaan sebagai wadah pengamal ajaran Thoriqoh.

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

Contact Us
JATMAN DKI
+62 823-3471-2788
DKI Jakarta, Indonesia